Ilmu Komunikasi UGM

Setelah berjuang banyak melalui banyak tes, mungkin emang takdir gua di Ilmu Komunikasi UGM. Jadi seperti yang udah gua ceritain sebelumnya, gua daftar SNMPTN HI UI, dan ga keterima. Biasa aja sih pas ga keterima, orang gua anak IPA dan emang nilainya ga terlalu bagus wkwk. Tapi trus gua ikut SBMPTN, SIMAK, SPMB Swasta, dan Mandiri IPB. Dan gua cuma keterima di SBMPTN yaitu Ilmu Komunikasi UGM, dan di SPMB gua dapet HI Unpar. Sempat dilema juga, minat gua lebih ke HI ketimbang Ilmu Komunikasi, tapi UGM far far better than Unpar, lagipula Unpar biarpun bagus, tetep itungannya swasta. Akhirnya gua milih ngambil yang Komunikasi UGM.

Jujur aja, ga pernah ada bayangan sama sekali masuk UGM, karena sebelumnya gua UI minded banget hahaha. Gua ga fanatik ke UI, tapi ya kan gua anak Jakarta, dan UI juga emang bagus, ya pasti gua lebih prefer ke UI lah, karena kan jaraknya deket, jadi bisa sering pulang gitu coy. Sampe hari gua keterima pun gua ga pernah sekalipun mengunjungi UGM. Tapi gua salut sih sama UGM, gua cuma milih dia sekali di SBMPTN, pilihan ketiga pula, tapi dia mau nerima gua. Ga kaya UI udah SNMPTN dan SBMPTN ditaro pilihan pertama, ikut SIMAK juga gua, eh tetep ga diterima, huuuuu.


Secara umum, ga nyesel kok gua masuk Ilmu Komunikasi UGM, seneng juga malah. Tapi ya agak ada rasa kaya gua udah korbanin waktu dan lain lain demi SBMPTN dan gua masih ga bisa dapetin HI UI :(. Tapi setelah masuk gua malah nyadar lebih enak di Ilmu Komunikasi dan di UGM, bisa dibilang mungkin Tuhan ingin kasih jalan yang lebih baik buat gua. Biar terjadi menurut kehendak Dia, bukan kemauan gua.

BTW gua udah cerita kan ya tentang jalan gua masuk PTN itu berkat Prosus INTEN. Dan oh iya, yang ngikutin blog gua dari posting sebelumnya mungkin sering liat kalo gua banggain banget INTEN dan bahkan cenderung kaya promosi. Tapi demi Tuhan, gua ga dibayar kok buat testimoni kaya gitu hahaha, kalo dibayar dah kaya dong gua. Ini murni karena kepuasan gua aja sama INTEN. Dan selama di INTEN gua punya semacam grup yang sering banget main, dan puji syukur kita semua keteima PTN!

Kita semua lulus dapet PTN!
Seenggaknya terbayarlah sudah segala usaha gua dalam meraih PTN. Sebagai anak IPA gua udah rela sekali mengorbankan waktu untuk belajar buat ujian demi belajar SBMPTN yang notabene adalah pelajaran IPS. In the end nilai US dan UN gua standar aja. Tapi gua tetep dapet 1 pelajaran yang gua banggain, UN FISIKA gua tertinggi coy di angkatan! Ada kepuasan walaupun fokus ke IPS tapi masih bisa raih nilai memuaskan di Fisika. Gapapa sih, toh juga yang ditanya pas lebaran bukan"UN mu berapa?" tapi "Kamu keterima dimana?" Nah inilah yang bikin gua pede jawab "Ilmu Komunikasi UGM!" Anjass

Ga lama dari waktu pengumuman SBMPTN, gua berusaha cari akun OA terkait maba baru UGM di LINE. Dan dapatlah gua akun itu, disitu gua mengonfirmasi bahwa gua keterima di Komunikasi UGM. Abis itu diinvite lah gua di grup Ilmu Komunikasi dan GAMADA FISIPOL (Gadjah Mada Muda). Senang rasanya bisa kenal orang-orang baru dari berbagai wilayah. Emang si awalnya sok ramah hahaha, terlalu basa-basi. Tapi saat itu gua mikir sepertinya ke depannya di Ilmu Komunikasi akan lebih menyenangkan.

Oh iya, ada tahapan seru juga sebagai Maba di UGM. Kita harus ikut yang namanya PPSMB (akan gua jelasin di posting selanjutnya). Jadi PPSMB itu semacam ospek tapi demi Tuhan ga ada perpeloncoan sama sekali, malah nyenengin banget, banyak games nya juga.

Mungkin dari kalian ada yang mikir Ilmu Komunikasi itu cuma belajar ngomong aja. Hahaha gua juga awalnya mikir gitu. Malah gua mikir prospek kerja orang komunikasi itu jadi Customer Service yang layanin customer marah-marah wkwk. Tapi Ilmu Komunikasi jauh lebih luas dari sekedar itu.

Sampai sini aja dulu kisah gua keterima di Ilmu Komunikasi UGM. Di Post yang selanjutnya gua juga bakal deskripsiin gimana sih Komunikasi itu dan apa aja yang kita pelajari. Setidaknya setelah hampir 2 semester gua kuliah ini, bisalah kasih perspektif ke kalian yang mungkin minat juga buat masuk Ilmu Komunikasi hehe :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer