Belajar Apa Sih di Ilmu Komunikasi UGM?

Di posting sebelumnya gua udah cerita bagaimana perjalanan panjaaaaaaaang banget dari SNMPTN dan tes tes tertulis tetek bengek lainnya, sampai akhirnya gua keterima di Ilmu Komunikasi UGM. Sekarang gua udah hampir setengah perjalanan di semester 2, dan mau kasih sekedar info buat kalian yang mungkin tertarik Ilmu Komunikasi, khususnya di UGM. Jadi Ilmu Komunikasi itu apa sih?

Jujur aja, apa yang pertama kali kepikiran pas denger Ilmu Komunikasi? Belajar ngomong? Pinter pidato? Jadi Customer Service yang layanin keluhan konsumen? Atau apa?wkwkwk. Dulu gua awalnya mikir prospek kerja Ilmu Komunikasi itu ya semacam jadi CS gitu, ga jauh dari telepon, haha. Tapi aslinya Ilmu Komunikasi jauh dari pikiran sempit diatas, jauh lebih luas banget!

Jadi kalo menurut gua, menurut gua loh ya, bukan menurut ahli, Ilmu Komunikasi itu kita belajar tentang proses komunikasi dan mempelajari bagaimana membuat komunikasi yang efektif serta menganalisis fenomena komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, terutama komunikasi massa. Hal ini juga bakal sesuai sama teori nya Lasswell (Siapa dia? Entar kalo jadi anak komunikasi pasti tau) tentang apa itu komunikasi : "Who says what to whom in which channel with what effect". Nah dari situ kita bisa analisis apa aja yang dipelajari, atau istilah kasarnya objeknya ilmu komunikasi itu apa.
  • Who : kita pelajari subjek komunikasi, yang pasti manusia lah, tapi di Pengantar Ilmu Komunikasi kita juga belajar kalo hal lain seperti hewan, tumbuhan, dan benda mati juga bisa punya proses komunikasi.
  • Says What : ini terkait sama pesan. Pesan itu ya apa yang disampaikan saat berkomunikasi. Kita belajar apakah suatu pesan itu efektif atau engga.
  • To Whom : Berkaitan dengan objek pesan. Biasanya dan terutama ya manusia juga sih
  • In Which Channel : Di sini kita belajar media apa aja dalam komunikasi, bisa udara, telepon genggam, surat, televisi, radio, jaringan internet, dll.
  • With What Effect : Setiap komunikasi harus punya efek dari pesan yang disampaikan. Nah disini kita belajar efek dari suatu pesan, apakah kalo kita menyampaikan pesan ke orang lain, mereka akan marah, senang, gusar, atau setuju, dll.
Kalo mau ditelaah lebih jauh, sebenernya belajar Ilmu Komunikasi itu ya belajar Komunikasi Massa, yang pake media, dan untuk tujuan umum, kaya ke televisi, penyiaran, kehumasan, jurnalistik, iklan. Kita belajar juga mengenai komunikasi yang antar pribadi atau komunikasi kelompok dan ranah komunikasi lainnya, tapi ya paling cuma untuk 1 matakuliah aja, sisanya fokus ke komunikasi massa.

Di UGM, Ilmu Komunikasi masuk ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, jadi tentu aja pas semester awal pasti dapet matakuliah yang berkaitan ilmu sosial dan politik. Ilmu sosial dan politik ini sebenernya kalo menurut gua jauh juga dari fokusnya Ilmu Komunikasi, tapi tenang, di Fisipol UGM matakuliah kaya gitu udah terspesialisasi kok. Jadi kamu cuma bakal belajar Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sesuai konteks komunikasi aja. Hal ini berlaku juga buat jurusan lain di Fisipol, (ini istilahnya matakuliah wajib fakultas) akan disesuaikan dengan konteks masing-masing jurusan. Matakuliah wajib fakultas ini antara lain Pengantar Ilmu Politik, Ilmu Sosial Dasar, Sejarah Sosial Politik Indonesia, Sistem Sosial Politik Indonesia dan Penulisan Akademik.

Selain itu, sebagai anak UGM, kita juga dapet matakuliah wajib universitas. Mata kuliah itu antara lain Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia/Dasar-Dasar Penulisan, Agama. Semua matakuliah itu ada di bawah naungan Fakultas Filsafat. Jadi semua anak UGM, dari fakultas manapun, kalo belajar matakuliah wajib universitas,belajarnya ke Fakultas Filsafat.

Sisa dari matakuliah wajib fakultas dan wajib universitas udah matakuliah komunikasi semua. Di semester pertama dan kedua kita masih belajar secara umum aja Ilmu Komunikasi itu gimana. Contoh matakuliahnya Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Publik, Komunikasi Antar Manusia, Komunikasi Massa, Teori Komunikasi, Sistem Komunikasi. Baru nanti  semester 3 akan ada peminatan (penjurusan lagi), jadi ada jurusan lagi di dalam jurusan Ilmu Komunikasi. Kalo di Ilmu Komunikasi UGM, nanti semester 3 akan dibagi lagi menjadi 4 peminatan, yaitu : Periklanan, Kehumasan, Media Entertainmen, dan Jurnalistik. Tapi emang biasanya Ilmu Komunikasi itu di univ lain juga di jurusin lagi kok, kaya di UI kalo gasalah dibagi 5 peminatan, dan baru semester 4 peminatannya.

  • Kehumasan : Kalian akan belajar tentang seluk beluk Humas sebagai jembatan antara organisasi dengan masyarakat luar
  • Periklanan : fokus bagaimana menarik emosi dan persuasi ke masyarakat untuk tertarik ke produk yang ditawarkan
  • Jurnalistik : bahas dunia jurnalis kaya koran, pemberitaan dll
  • Media Entertainmen : dunia entertainmen, termasuk penyiaran, kaya TV dan Radio

Bersyukurlah kurikulum Ilmu Komunikasi yang baru, kurikulum 2016, sudah ga kaku lagi. Jadi ini bener bener flexibel. Kamu bisa milih matakuliah sesuai yang kamu mau buat peminatan ini. Penjelasan detail mengenai matakuliah nanti kamu tau kalo udah join Ilmu Komunikasi. Tapi intinya kamu ga harus cuma saklek pilih salah satu aja, misalnya harus Humas aja sampe lulus. Gak, gak gitu, kamu bisa mix, misalnya selama semester 3 ke atas kamu mau belajar Humas dan Media, ya boleh aja, kamu bisa pilih matakuliah yang berkaitan dengan kedua peminatan itu, bebas. Kamu juga bisa ga major dibidang manapun, jadi kaya ambil semua matakuliah dari keempat peminatan. Tapi biasanya kita diarahkan untuk memilih major dan minor dalam peminatan. Misalnya kamu mau major di Humas, dan minor di Media entertainment, nah kamu bakal ngambil matakuliah lebih banyak di bidang Humas, baru sebagai pelengkapnya kamu belajar matakuliah Entertainment dalam jumlah sks yang lebih sedikit dari Humas.

Sebenernya peminatan ini ga bakal ketulis kok (katanya) di ijazah nanti. Nanti cuma ketulis sampe Ilmu Komunikasi aja, ga detail sampe peminatannya. Dan sebenernya kita juga bakal belajar dasar-dasar dari setiap peminatan itu. Jadi walaupun kamu ga ngambil jurnalistik sebagai major ataupun minor, ya kamu bakal tetep tau dasar-dasar jurnalisme.

Oh ya, di UGM itu nanti Ilmu Komunikasi kalo lulus gelarnya S.I.P loh. Sarjana Ilmu Politik. Kok politik? Kan ya dibawah fakultas ilmu sosial dan ilmu politik hehe. Katanya sih dulu ya karena ilmu komunikasi itu, terutama komunikasi massa berkaitan erat sama politik, gitu, jadi alat politik. Tapi kalo kaya di UI, kamu bakal dapet gelar S. Sos, Sarjana Ilmu Sosial, sama aja, ya karena dibawah FISIP. Beda kalo di Unpad yang udah jadi fakultas sendiri, Fakultas Ilmu Komunikasi, nah mereka yang lulus dari situ gelarnya S. I. Kom, Sarjana Ilmu Komunikasi. Tapi tenang aja gelar ga ngaruh segitunya kok, walaupun ga dapet gelar S.I.Kom, nyatanya banyak juga lulusan komunikasi UGM dan UI yang sukses kan hehe. Lagipula kata dosen kan di Ijazah tetep ada tulisan Ilmu Komunikasinya :)


Komentar

  1. kak berarti klo mau jalur undangan ke ugm jurusan komunikasi ga bisa klo anak ipa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setauku belom pernah ada statement dari UGM kalo anak IPA bisa ngambil jurusan sosial melalui jalur undangan, tapi mungkin bisa aja sekarang berubah

      Hapus
    2. Saudaraku anak ipa lolos snmptn psikologi ugm kok. Tergantung ke nilai dan prestasi belajar sepertinya.

      Hapus
  2. Wah, komunikasi UGM!
    Jurusan yang mampu menggoda hati saya untuk meninggalkan ranah IPA.
    Doakan semoga tahun 2018 bisa jadi adik tingkat. Heheh.

    Akhir akhir ini, pikiran saya tersita untuk UN, US, dsb dan blm menyentuh materi ips lagi :( mungkin kakak ada solusi? 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, aku juga dari IPA kok, dan di jurusan ku emang banyak juga yang dari IPA hehe. Saran ku justru kamu jangan terlalu fokus ke UN, US, dsb. Targetin kamu lulus UN US aja, jangan targetin nilai bagus. Karena kalo kamu IPA hampir pasti cuma bisa masuk dari SBMPTN atau ga Utul, jadi mesti belajar banget materi IPS nya. Good luck!

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Saya sekarang jadi mahasiswa ISI hehe. Mau kabur dari seni kan ya . kira2 achievable ga ya ngambil ilmu komunikasi? Oh ya, kalo mas tahu, di UGM bisa lulus 3,5 tahun atau kurang? Karna di ISI sistem tdk bisa lulus cepat. Nuhun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, sebenernya masih bisa align ke komunikasi, terutama kalo kamu di ISI ambilnya DKV. Karena di komunikasi juga banyak design terutama berkaitan periklanan dan marketing. Kalo di UGM minimal 7 semester lulusnya, hehe, sama sama

      Hapus
  4. Kak dlu masuk Ilkom UGM lewat jalur apa?

    BalasHapus
  5. Kak, aku dari jurusan Bahasa dan Budaya. Kan pilihannya kalo ga saintek ya soshum. Otomatis ke soshum dong ya? Jadi pas SBM kita diwajibkan belajar materi soshum dong? Sama itu, kalo SNM aku masih bisa ambil IlKom kan? Dengan rapot ku yang dari jurusan bahasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, untuk info seperti itu bisa cari tahu lebih lanjut ya. Cuma kalo dulu pas 2016 setauku anak bahasa kalo mau sbmptn memang masuk ke soshum, dan iya kamu harus belajar soshum. Kalo untuk undangan tergantung kebijakan masing-masing kampus, namun dulu aku taunya kalo UI anak bahasa cuma bisa ambil FIB untuk SNMPTN, tapi kalo SBMPTN bebas kok pilihannya

      Hapus
  6. Kak, Sem1-2 ada Praktikum ga kak ? kalau ada praktikumnya gimana ya kak ? Menurut yang kakak lihat atau sepengetahuan kakak kebanyakan lulusan Ilmu Komunikasi UGM prospek kerjanya dibidang apa ya kak ? Sorry banyak tanya hehe saya mahasiswa yang berniat ngambil jurusan Ilmu Komunikasi UGM tahun ini . Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, gapapa kok haha aku seneng malah ada yang antusias buat masuk komunikasi. Kalo semester 1 ada praktikum public speaking, kaya pidato TED Talks atau presenter di studio hijau gitu. Terus nanti semester 2 paling penelitian aja sih berkelompok. So far praktikum komunikasi ga susah kaya jurusan IPA kokk. Kalo prospek komunikasi itu banyak banget, bisa kerja di media, jadi jurnalis, jadi PR di berbagai perusahaan, biro iklan, dan masih banyak lagi

      Hapus
    2. Kak, ada info tentang jadwal utul ugm tahun ini gak kak ? di websitenya tertulis bulan maret keluar jadwalnya tapi sampai sekarang belum keluar mana tau kakak tau gitu kira kira bulannya mei atau juni kak makasih

      Hapus
    3. Halo, udah keluar kok jadwalnya, sila cek ke sini yaa http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?l=aWRfcGFnZSMxNzAxMTEwI0phZHdhbCBTZWxla3NpIzEjUHJvZ3JhbSBTYXJqYW5h

      Hapus
    4. Halo sila cek http://um.ugm.ac.id/v.2015/id_home.php?l=aWRfcGFnZSMxNzAxMTEwI0phZHdhbCBTZWxla3NpIzEjUHJvZ3JhbSBTYXJqYW5h yaaa

      Hapus
  7. Hallo, kak Anandhio ? atau boleh saya panggil apa kak hehe.. Kak, saya tertarik sekali dengan Ilmu Komunikasi, karena dari awal saya rasa udah punya basic di bidang ini (walau ya masih sedikit), mungkin mau tanya saja nih kak, kalau punya prestasi tapi di bidang olahraga kira-kira bisa membantu(pengaruh) engga ya kalau untuk masuk ke jurusan Ilmu Komunikasi ini ? Alhamdulillah soalnya saya diberi kesempatan ikut SNMPTN kak. Atau mungkin kalau melalui SBMPTN (selain jalur prestasi) Mohon infonya kak, trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, karena aku bukan dari SNMPTN aku kurang tau untuk pastinya sih hehe. Tapi temenku ada yang melalui prestasi seni kok masuk komunikasi, harusnya olahraga juga bisa ya

      Hapus
    2. hehe, okedeh kak makasih banyak informasinya ya dan minta doa yang terbaik kak (y).

      Hapus
  8. Holla kak! Mau nanya² nih karena di grup inten jatim gaada alumni menyapa dari UGM yg jurusan ilkom. Kalo boleh tau ini sbm thn pertama/kedua? Test sbm di kota mana? Ngerjain berapa soal, tpa berapa tkd berapa? Passing grade kakak berapa, memenuhi target nggak? Berapa passing grade TO terakhir pas intensif di inten? Danke~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya kak sekalian. Pas ngerjain sbm tips n tricknya apa? Dan lebih fokus ke tpa/tkd?

      Hapus
    2. Halo, aku SBMPTN di tahun aku lulus SMA, kalo untuk hasil tes nya berapa aku gatau sama sekali, karena aku pulang ga bawa soalnya, jadi it is still mistery ya. Kalo terakhir TO itu aku 61%
      Tips and trick nya mungkin lebih ke kontrol diri aja, jangan tegang, karena kalo tegang entar buyar fokusnya. Aku fokus ke mata pelajaran yang aku paling bisa aja, sisanya minimal ngerjain 1 nomor di tiap mata pelajaran

      Hapus
    3. TOnya tinggal 2 lagi kak!)))); dan passing grade aku masih blm nembus takud bgt omg((("-:
      btw thx uda bagi tips and tricknya

      Hapus
  9. So far aku ikut bbrp kali TO blm tembus komunikasi ugm :( pdhl sbm tinggal sebentar lagi hhhhh jd agak minder milih komunikasi:"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, tetep percaya diri aja hehe, jangan lupa usaha dan berdoa. See you in komunikasi UGM :)

      Hapus
    2. Hallo kak, ternyata SBM belum jodoh di UGM. Nyantolnya di Komunikasi UNS😅

      Besok minggu UTUL, kesempatan terakhir mengejar UGM😂

      Hapus
  10. saya mahasiswi D3Jurnalistik apa bisa lanjut ke Ilmu Komunikasi dengan peminatan Jurnalistik?

    BalasHapus
  11. Permisi kak. Salam kenal hehe. Saya mau tanya, saya angkatan 2018. Snm, Sbm sudah saya jalani. Dan saya berencana untuk ikut Utul Ugm. Nah kak. Saya sedikit tertarik ttg jurusan Ilmu Komunikasi. Tapi saya belum tau banyak tentang jurusan tersebut. Nah kak, apa benar orang yang harus komunikasi hrs jago ngomong dan nulis? Karena saya engga jago nulis kak. (Baik cerita, berita, dll) Nah kalau spt itu apakah saya cocok masuk jurusan Ilmu Komunikasi? Terimakasih. Sukses terus kakak.

    BalasHapus
  12. Halo kak, terimakasih banyak informasinya. Saya sangat tertarik buat masuk Ilmu Komunikasi UGM di tahun ini walau harus lintas jurusan. Semoga bisa deh. Amin

    BalasHapus
  13. Halo kak, perkenalkan saya whira dari sman 5 kota Bengkulu. Terimakasih banyak pengetahuan tentang ilkom ugm, jadi makin semangat buat masuk fisipol ugm especially ilmu komunikasi :), kalo boleh saya tau passing grade sbm kk kemaren berapa ya?biar jadi motivasi juga hehe

    BalasHapus
  14. Kaa mau tanya. saya peserta utul th 2019. saya krg paham gmn ngurutin jurusannya. krn th ini daftar utul pakai nilai utbk/sbmptn pd jaman kakak, dan nilai itu di gabung dg nilai tes. jadi saya gak pd buat ambil besar, saya cmn liat daya tampung mana yg banyak maka saya prioritaskan. krn kalau minat saya bs belakangan. apa spt itu benar? dan juga manajemen dg filsafat dg manajemen keb.publik jika diliat di passinggrade mana yg pantas ditaruh akhir? trmksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kurang tau kalo untuk pastinya, namun menurutku urutan 1-3 bisa kamu tulis 1. manajemen, 2. MKP, 3. filsafat, semoga membantu

      Hapus
  15. Kalo SMA-nya Mipa masuk ilkum UGM bisa? kalo dengan snmptn juga bisa?

    BalasHapus
  16. Mau tanya dong kak.. di UGM ada jurusan DKV ga sih??? Pengen ke UGM soalnya kak 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk jurusan khusus gak ada dek tapi perihal DKV dipelajari juga kok di Ilmu Komunikasi :) hehe

      Hapus
  17. Kak aku dari SMK jurusan TKJ nih:v kan termasuk IPA kan ya,bisa ga si kalo mau mau ke jurusan ips gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jurusan apa pun bisa kok masuk ke Soshum asal tes nya ambil yang Soshum hehe

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum ka.. Mau tanya,,
    Seberapa byk peminat nya sih ka yg milih jurusan ILKOM UGM di tahun 2019 ? Dan berapa daya tampung nya kak?? Kalau di 2020 nanti, udh ada info blm ya kak ttg ILKOM UGM ?? Insya Allah saya niat mau mengambil jurusan Ilmu Komunikasi di UGM ini tahun 2020.
    Terus apakah ka Anandhio sebelum masuk UGM mengikuti bimbingan belajar ? Terus seberapa siap nya nih kak, ka anandhio untuk kuliah di UGM jurusan ILKOM, seberapa semangat nya perjuangan kaka untuk masuk UGM .. ? Boleh di ceritakan sedikit ga ka ttg cerita perjuangan kaka dulu untuk masuk UGM ?
    Boleh ga ka,?
    Terus kak tolong kasih masukan motivasi, apabila ada mata pelajaran yg kurang kita kuasai? Bagaimana solusinya ? Contoh : Mtk nya kurang, sdangkan Di TPS itu kebanyakan MTK ☹️🙏🙏
    Mohon Jawabannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ilham!
      Happy to hear that you have interest to study in Komunikasi UGM. Kalau untuk kuota pastinya aku ga tau, karena itu biasanya rahasia departemen atau fakultas. Tapi sejauh ini biasanya per angkatan kurang lebih 75-80 orang (kelas reguler dan dari segala jalur). Additional information, since 2019 Communication Department open IUP (International Undergraduate Program) class. Jadi mungkin bisa jadi pilihan juga. IUP class mungkin kurang lebih 50 orang. So in total, it will be around 120-130.

      Kalo untuk tips gitu aku agak bingung sih hehe, soalnya sekarang sistemnya udah beda kan ya, jadi kayanya kurang relate. Kalo dulu aku termotivasi banget untuk masuk di UI dan UGM, ga boleh di luar kedua itu hehe. So I studied hard in my last semester in high school to achieve my goal. Aku percaya kalo sukses itu ga cuma dari pribadi sendiri, tapi juga banyak pengaruh dari lingkungan, dan aku melihat UI dan UGM adalah yang terbaik yang bisa fasilitasi penuh potensi mahasiswa, so that what motivated me so much.

      Kamu bisa lihat juga di posting-posting aku lainnya yang mungkin bisa jadi insight hehe. Good luck!

      Hapus
  20. Kak, kalo tes masuk UGM apa aja yang dipersiapkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! Untuk persiapannya tergantung kamu masuk jalur apa. Masing-masing memiliki jenis tes yang berbeda bisa dari UTBK, UM, ataupun Undangan SNMPTN. Kalo misalnya kamu tertarik kelas internasional, IUP juga memiliki jenis tes nya tersendiri. Untuk contoh soalnya bisa cari sendiri di internet yaa, soalnya kalo zamanku kayanya udah ga relevan dengan yang sekarang hehe.

      Secara mental ga ada persiapan khusus kok. Belajar di UGM tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan terutama kalo kamu berasal dari luar Jogja. Semangat ya!

      Hapus
  21. Balasan
    1. Halo! Untuk biaya kuliah per semester bergantung dari penghasilan orangtua. Setiap jurusan memiliki pembagian kelas biaya yang berbeda-beda dengan yang paling murah adalah gratis. Kisaran untuk cluster sosial humaniora biasanya kelas tertinggi berada di bawah 10 juta per semester, sementara untuk sains dan teknologi bervariasi dengan kelas tertinggi di kisaran belasan juta. Khusus untuk kelas internasional biaya tidak terpengaruh penghasilan orangtua, yaitu sekitar 25-30 juta per semester, tergantung pada jurusan. Semoga membantu

      Hapus
  22. halo kak aku perlu saran deh. jadi aku kepikiran untuk ambil jurusan ilkom atau sasing. nah jd kmrn kebetulan papa kasitau, kalo emg mau cari sasing, di bali aja cukup (kebetulan tinggal di bali ehe) kalo emg mau keluar untuk jurusan ilkom atau HI gt cocok. nah aku bimbang kak. soalnya aku pengen keluar bali gitu cari pengalaman dan belajar dari daerah baru. kalo diantara jurusan itu aku jujur masih bingung tentang prospek kerjanya. jadi fyi aku suka bgt bahasa inggris dan aku maunya cari jurusan yang berhubungan ke bahasa inggris karena at least nanti aku ga bodo2 amat kak di univ nanti. kalo menurut kakak sendiri gmn ya? cocoknya di sasing atau ilkom? soalnya aku kepikiran untuk ambil ilkom cuma kepo dan pengen pelajarin tentang ilkom sih kak. makasi sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Before answering your questions, I think I need to clarify these statements ya:
      1. Yang kamu maksud sasing itu Sastra Inggris ya? Karena sastra asing (including all foreign languages) kadang disebut sasing juga
      2. Opini papa kamu kalo mau ambil jurusan Sastra Inggris itu ga perlu keluar Bali karena perbedaan kualitas tidak berbeda signifikan. Tapi kalo ambil jurusan Komunikasi atau HI boleh ke luar Bali karena ada perbedaan kualitas yang cukup signifikan ya
      3. Aku asumsikan kamu bingung milih jurusan antara Komunikasi dan Sastra Inggris ya, based on your first sentence
      Kalo 3 poin itu benar maka jawabanku di bawah ini akan relevan dan semoga membantu

      Menurutku alasan orang memilih tempat kuliah itu bisa dilihat dari 3 aspek, yang pertama jurusannya, yang kedua kampus nya, yang ketiga lokasinya. Nah ga semua orang memiliki prioritas yang sama akan 3 hal tersebut, dan itu wajar. Kalo kamu prioritaskan jurusan maka kampus atau lokasi ga begitu pengaruh. Tapi kalo kamu prioritaskan lokasi, maka kalo kamu ga keterima di jurusan yang dimau kamu tetep nyaman kuliah. Jadi coba dipikirkan dulu ya, yang jadi prioritas kamu apa

      Berkaitan cari pengalaman dan belajar dari daerah baru, menurutku ini poin plus banget, tapi ga wajib kok. Aku yang dari Jakarta ngerasain beda banget lingkungan UGM yang mayoritas asal Jogja atau Jawa Tengah. The bright side is, I learn their culture, I understand diversity etc. Nah bagaimana kalo ga keluar domisili? Bisa tetep ngerasain diversity juga kok, selama kampus itu kampus besar pasti banyak mahasiswa dari luar daerah kan? Tapi emang experience dan chalangge nya beda

      Kalo untuk prospek kerja, sad but truth, anak soshum itu hampir semuanya bisa kemana mana kok. Bisa itu karena ilmu nya emang kepake dimana mana atau bisa juga (sedihnya) ga guna di dunia kerja sehingga harus pindah ke bidang lain. Selain anak hukum, akuntan, dan psikologi, menurutku setiap jurusan soshum bisa saling tukar bidang kok dalam dunia kerja.

      Kalo Ilmu Komunikasi sendiri bidangnya cukup luas (tapi tergantung dari kampusnya). Di Ilmu Komunikasi di semua kampus biasanya akan ada penjurusan lagi yang kurang lebih mencakup jurnalisme, hubungan masyarakat, media penyiaran, media hiburan, televisi dan film, periklanan, komunikasi pemasaran dll. Nah tiap jurusan itu kerjanya udah beda banget karena emang kompetensi masing-masing juga beda banget. Ada yang kerjanya di media kaya TV dan Radio, ada yang di agensi iklan dan PR, ada yang di production house, ada yang di corporate dll. Jadi kalo mau masuk Ilkom kamu harus pikirin lebih detail lagi mau fokusnya di bidang apa, karena ilkom terlalu luas hehe

      Pada dasarnya setiap ilmu itu berguna, berguna banget! Tapi kalo kamu kuliah untuk mencari kerja, sayangnya kamu harus realistis. Aku tidak mendiskreditkan anak-anak sastra, tapi realitasnya sedikit banget penyerapan tenaga kerja yang bener-bener membutuhkan keahlian ini. Ada sih bisa jadi diplomat, bisa jadi sastrawan, atau penerjemah tersumpah, atau guru bahasa. Tapi kalo kamu pilih sastra Inggris kamu harus pikir lagi objektifnya apa. Kalo dari yang kamu jelaskan kan karena kamu ada passion banget ya di situ. Nah ahli dalam bahasa Inggris itu banyak banget yang bisa sekedar standard conversation atau english for business yang digunakan dalam bekerja. The fact is harga penerjemah bahasa inggris itu yang paling rendah di antara sastra asing lainnya (karena banyak orang bisa bahasa inggris, dan kadang ga memerlukan ilmu yang terlalu tinggi untuk menerjemahkan sejumlah dokumen). Dan banyak juga temen-temenku yang udah lulus dari sastra apa pun, aku belum nemu yang kerjanya beneran berkaitan dengan sastra/bahasa/budaya. Mungkin bisa dipertimbangkan dulu sambil melihat-lihat juga review jurusan-jurusan lainnya.

      Semoga membantu :)

      Hapus
    2. terimakasih kak jawabannya :))

      Hapus
  23. Halo kak, aku mau tanya tentang sarana prasarana di ilkom itu butuh apa aja? Karna pikirku ada broadcast juga di ilkom apa diwajibin punya kamera atau semacamnya? Dan apakah di ilkom juga mempelajari coding? Kalo iya ada coding, hanya untuk dipelajari atau juga membuat? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! Sorry for this very late response. Sebenernya ga dibutuhkan sarana khusus kok. Kaya mahasiswa umum lainnya aja, cuma butuh laptop. Untuk alat-alat seperti kamera etc itu ga diwajibkan. Kalopun ada tugas yang harus menggunakan alat perekaman atau editing tools, dari laboratorium akan menyediakan fasilitas peminjaman. Tapi kalau mau memiliki alat sendiri untuk latihan dan pengasahan skill juga bisa, terutama kalo kamu ikut UKMF fotografi misalnya. Kalau untuk coding itu engga dipelajari ya. Sejauh ini paling hanya di editing video saja, itu pun kalo kamu mengambil konsentrasi media penyiaran/hiburan. Good luck!

      Hapus
  24. hai kak. mau nanya apa untuk masuk jur ilkom atau hub.inter (di kampus manapun) harus wajib bisa berbahasa inggris? trs utk ilkom sendiri harus pintar public speaking? soalnya aku tipe tipe orang yang agak deg degan kl udah brhdpan langsung sm banyak org. mohon jawabannya kak🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, sorry for this very late response. Kalo untuk penguasaan bahasa inggris sebenernya ga mutlak, kecuali kamu ambil program kelas internasional. Tetapi kefasihan Bahasa Inggris sangat ditekankan, karena akan banyak buku kuliah atau materi dari dosen yang menggunakan Bahasa Inggris. Public speaking juga ga wajib kok, justru dengan masuk Ilmu Komunikasi kita dilatih punya basic skill di situ, kalo di UGM nanti akan ada 1 mata kuliah wajib untuk mengasah public speaking skill tersebut. Semangat!

      Hapus
  25. aku anak ipa, ceritanya pengen masuk ilkom di ujian mandirinya. tahun ini kan um ugm cuma pake raport, apakah masih bisa masuk? semoga dibalas cepat :v soalnya udah mau tutup um nya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! Kalo untuk metode yang sekarang ini aku kurang tau nih. Kalo di tahun-tahun sebelumnya anak IPA bisa keterima kok melalui SBMPTN dan juga melalui UM tes tertulis

      Hapus
  26. Halo kak, mau tanya nih, aq kan rencana tahun depan 2021 mau masuk Ikom, cuman aq juga suka menggambar, yg aq tanyain, apakah di ikom khususnya jurusan periklanan ada mata kuliah gambar gitu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! Kalo untuk periklanan ada mata kuliah DKV (Desain Komunikasi Visual) kok, tapi ini ga cuma menggambar aja, akan ada desain 3 dimensi juga. Dan mata kuliah ini termasuk kategori yang bisa diambil peminatan lain juga

      Hapus
  27. Kak mau tanya untuk prospek kerja yang bagus itu jurusan apa aja ya,
    Aku anak MIPA tpi sama sekali gak suka MTK nanti kuliah cocoknya jurusan apa ya kak
    Aku pengen di BUMN nih ambil jurusan ya relevan apa kak,
    Kalo ikomunikasi bisa gak ya di bumn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! First of all, fungsi pendidikan yang utama itu untuk memanusiakan manusia, jadi supaya bisa berkembang dirinya dan bermanfaat bagi sosial dan alam. Sementara fungsi buat dapet kerja itu lebih ke secondary. Sebenarnya kalo ditanya gini, jawabannya bakal subjektif dan mengawang banget hehe. Setiap jurusan memiliki prospek kerja di bidang masing-masing kok, tapi in reality memang ada sejumlah jurusan yang lebih fleksibel. Dan juga mengenai BUMN, nah ini juga macam-macam industrinya. Di dalam satu perusahaan BUMN juga kan ga satu role aja, jadi ya background dari beragam jurusan juga ada di situ. Mengenai matematika, supaya ga kaget pas kuliah, setiap jurusan itu ada matematikanya hehe. Minimal buat statistika penelitian, pasti tetep ada. But, a little recommendations, kalau masih bingung dan belum spesifik kamu bisa coba jurusan manajemen bisnis, ilmu komunikasi, ilmu hubungan internasional, atau sastra, karena biasanya karirnya cukup fleksibel di berbagai bidang. Cheers!

      Hapus
    2. hallo kak, tulisan blok kakak di judul ini sangat membantu aku banget jadi lebih punya pandangan mengenai ilmu komunikasi, terimakasih banyak kak! mau nanya juga, kalo untuk ilkom di ugm itu S1 ya kak? terus untuk proporsionalnya kira-kira membutuhkan waktu berapa tahun buat lulus?

      Hapus
  28. hallo kak, tulisan blok kakak di judul ini sangat membantu aku banget jadi lebih punya pandangan mengenai ilmu komunikasi, terimakasih banyak kak! mau nanya juga, kalo untuk ilkom di ugm itu S1 ya kak? terus untuk proporsionalnya kira-kira membutuhkan waktu berapa tahun buat lulus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey! I'm glad that I can help others through information in this blog :). Dulu sebenarnya ada D3 nya juga, cuma sudah ditutup dan karena UGM juga udah 2 tahun ini tidak membuka lagi tingkat pendidikan D3. Untuk saat ini Ilmu Komunikasi di UGM tersedia program studi S1 Reguler, S1 IUP, S2, dan S3 ya. Tapi setauku di Sekolah Vokasi ada D4 Bahasa Inggris yang orientasinya juga ke komunikasi, ke hubungan masyarakat lebih spesifiknya. Untuk waktu kelulusan sebenarnya tergantung masing-masing orang ya, sesuai IPK dan juga jumlah SKS yang dapat diambil setiap semesternya. Beruntungnya kurikulum Ilmu Komunikasi ini sangat fleksibel, kamu bisa lulus paling cepet banget 6 semester dan paling lambat 10 semester (peraturan univ). Tapi rata-rata lulus sekitar 7-8 semester. Semoga membantu ya :D

      Hapus
  29. Kak makasih bangettt yaa blog kakak ini sangat membantu aku yg masih bingung tentang ilmu komunikasi. Makasih banyak kak🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! Terima kasih juga ya sudah membaca, senang bisa membantu :)

      Hapus
  30. kak aku mau tanya kalo misalnya aku dari smk jurusan teknik komputer terus mau ambil jurusam ilmu komunikasi bisa ga ya kak, karna setelah aku cari tau banyak tentang jurusan ilkom aku ngerasa aku cocok sama jurusan itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Kalau untuk masuk via jalur undangan/SNMPTN setauku kemungkinannya kecil, karena memang lebih prioritas untuk anak IPS. Tapi ada kok temenku yang anak IPA dari jalur undangan juga. Kalau untuk jalur tes, baik itu SBMPTN maupun mandiri bisa dari semua jurusan SMA/K kok, yang penting menguasai materi tes soshum ajaa. Semangat ya!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer