Daftar PROSUS INTEN

Sebelumnya kan gua udah pernah cerita ya perjalanan SBMPTN Lintas Jurusan gua itu berawal dari Prosus INTEN ini, nah sekarang gua mau cerita awal gua masuk di INTEN.

Gua sekolah di SMAN 21 Jakarta, nah di sekolah gua itu mayoritas les nya kalo ga GO ya INTEN. Pas kelas 10 gua ga les sama sekali, karena emang gak pernah bimbel sebelumnya. Tapi kok begitu setengah jalan gua merasa gua butuh les. Nah sebelum kenaikan kelas 11 itu kalo ga salah GO pernah promosi ke sekolah gua, pokoknya presentasinya bagus banget, bikin orang tertarik buat masuk GO. Nah jadilah gua tertarik masuk GO.

Akhirnya gua daftar GO Harapan Indah buat kelas 11. Menurut gua GO itu emang udah bagus brandingnya, dia juga punya cabang dimana mana kan. Kayanya setiap pulau besar di Indonesia pasti ada GO nya. Nah selama kelas 11 ini gua les di GO jujur aja gua merasa kurang puas. Gua dapet kelas reguler yang anaknya banyak banget. Kenapa gua ga ngambil kelas yang lebih dikit, ya karena emang yang waktu itu available cuma reguler. Trus gua merasa guru GO itu kurang tegas, di GO itu boleh banget main hape, ga dimarahin. Siswa yang ga perhatiin juga ga ditegur, kuis juga jarang banget To juga jarang. Dari situ gua ngerasa suasana kelas ga mendukung banget. Di kelas gua itu cuma beberapa orang aja yang bisa tahan fokus sampe akhir kelas. Dan lagipula motto nya GO itu kan belajar yang menyenangkan, nah makanya saking menyenangkan jadinya ga terlalu serius. Tapi untuk fasilitas dan guru memadai banget kok, mau konsul dari pagi sampe sore, janjian dulu sama gurunya juga bisa, gratis. Gurunya juga mau kalo ngebantuin kita bikin tugas atau lagi mau ulangan.

Dari situ gua mikir bahwa nanti gua kelas 12 mau pindah les. Tapi gua gatau nih mau les apa. Akhirnya temen gua rekomendasi INTEN. setelah pikir-pikir dan rembuk juga sama orangtua, gua daftar inten. Gua sekitar bulan Maret 2015 daftar di Prosus INTEN Harapan Indah. Btw gua naik kelas 12 nya itu baru Juli 2015. INTEN emang gitu, daftarnya dari jauh-jauh, dan biasanya jauh-jauh juga itu udah penuh, terutama cabang Inten yang pusat kaya Rawamangun gitu.

Inten Harapan Indah


Beda sama GO, kalo di INTEN itu mau daftarnya aja harus tes dulu, buat nentuin kelas. Oh ya kalo info harganya emang relatif lebih mahal INTEN. Waktu kelas 11 itu gua daftar GO kelas Reguler sekitar 3 jutaan buat setahun. GO juga ada kelas mahalnya yang bisa ampe 20jt, kelas platinum kalo ga salah itu. Tapi kalo GO itu tarif kelasnya berdasarkan jumlah murid, jadi makin mahal jumlah anak di kelas itu makin dikit. Tapi ruginya adalah misal lo ambil kelas platinum, itu kalo ga salah 5 orang doang, nah kalo iya tingkat kecerdasan 5 orang itu sama, kalo beda pasti ga kondusif, yang pinter merasa kelamaan, yang bego ngerasa kecepetan.

Kalo di INTEN itu kelasnya dibagi jadi 4 tingkat, pertama kelas LULUS, yang kedua Grade A, lalu Grade B, dan Grade C. Penentuan kelasnya itu dari hasil tes pas daftar. Tes pas daftarnya itu cenderung kaya Tes IQ atau psikotes gitu, jadi ga perlu belajar dulu. Nah tiap kelas itu juga max 15, jumlahnya tergantung orang yang tes dan dapet di kelas itu. Misalnya, waktu itu gua dapet kelas LULUS, sekelas gua kebetulan 15 orang, sedangkan di Grade C kalo ga salah ga nyampe 10. Kalo bagi kelas berdasarkan hasil tes gini kan enak, kalo pinter ya sama sama pinter, bego ya sama sama bego wkwk, jadi gurunya juga lebih tau cara ngajarnya yang pas buat sekelas.

Kalo untuk biaya waktu itu sih kelas LULUS itu 10jtan buat sampe lulus tes mandiri PTN. Makin ke bawah kelasnya makin mahal, jadi Grade C itu paling mahal, gua lupa sih berapa, tapi selisihnya ga jauh beda kok ga nyampe 1jt tiap grade.

Kalo grade LULUS itu pas awal belajarnya cuma 2x seminggu. Sedangkan yang Grade itu langsung 3x seminggu. Kenapa lebih sering? Karena mereka dikasih materi tambahan buat istilahnya ngejar ketinggalan gitu. Tapi nanti setelah bulan Oktober kelas LULUS juga 3x seminggu. Btw kalo gasalah mulai belajar itu bulan Agustus.

Sebagai komparasi aja, ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan gua. Ini cuma berdasar dari Inten Harapan Indah dan GO Harapan Indah, mungkin aja di cabang lain berbeda. Kalo guru INTEN itu cenderung lebih banyak yang senior, dan mereka itu ga manjain murid, artinya kalo murid nanya dia harus cek dulu di catatan pas kelas ada ga, kalo ga ada baru diterangin, atau misalnya kurang jelas baru diterangin lagi. Sedangkan guru GO itu banyak yang muda, dan mereka mau banget bantuin murid, ga pake susah, minta kerjain soal-soal langsung juga bisa, kitanya tinggal nyimak aja, cenderung lebih memanjakan.

Udah segitu dulu, next post gua ceritain awal-awal belajar di INTEN

Komentar

  1. wuih temen seperjuangan,saya cabang summarecon, semangat gan tonya untuk tgl 26, jan lupa kerjain progress jangan ngurus blog mulu wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, saya udah kuliah bro. Semangat lah To nya, sukses!

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Yep . Bener. Gue les di GO ngerasain kayak gitu emang.

    BalasHapus
  4. kak pas test masuk intens soal matematika dasarnya susah ga? aku mingdep mau test msuk nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Test nya kaya psikotest, ga susah, cuma harus berpikir cepat aja, waktunya sedikit soalnya. Semangat ✊

      Hapus
    2. Gak pake tes matematika dasar?, psikotes aja?, soalnya gue pas daftar 2016 tes nya matematika dasar

      Hapus
    3. Psikotest itu termasuk matematika dasar

      Hapus
  5. Kak kalau daftarnya juni/juli terlambata atau enggak ya? Biasanya tes masuknya bulan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung cabangnya dek, kalo emang peminatnya banyak, mungkin gabisa daftar lagi karena udah penuh. Kalo aku dulu daftarnya dari bulan maret

      Hapus
  6. Kak, di Inten waktu semester 1 sdh ada program belajar utk sbmptn atau masih pelajaran smt 1 biasa? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari awal udah ditujukan untuk sbmptn dek, jadi mungkin pas semester 1 ada beberapa materi yang ga sesuai sama yang dipelajari di sekolah

      Hapus
  7. Kak, di Inten waktu semester 1 sdh ada program belajar utk sbmptn atau masih pelajaran smt 1 biasa? Terimakasih.

    BalasHapus
  8. Kak di inten itu terjamin gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terjamin masuk PTN maksudnya? Tergantung pribadi masing-masing dek, dari kemauan belajar muridnya juga yang lebih menentukan

      Hapus
  9. Kak di inten itu terjamin gak?

    BalasHapus
  10. Kak kan katanya di inten harganya 10 jtan nah itu bisa dicicil atau harus bayar tunai? Terus pas tes masuknya itu bayar biaya tes dulu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dicicil dek via transfer, sebelum tes tidak ada biaya apa pun, biaya ditentukan setelah hasil tes keluar

      Hapus
  11. Kak di inten bisa jamin masuk ikatan dinas gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. INTEN lebih fokus untuk SBMPTN dan UM PTN dek, jadi lebih ke Universitas atau Institut Negeri. Tapi kalo mau masuk STAN atau STIS bisa minta konsultasi waktu tambahan sama gurunya

      Hapus
  12. ka aku mau nanya ada perbedaan ga antara yg program garansi sm non garansi?

    BalasHapus
  13. Ada info untuk persiapan SBMPTN 2018 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau untuk info terbaru, tapi saya sarankan mengikuti bimbel dan rajin cek OA LINE seperti Info 3 SMA, Halo Kampus, atau akun sejenisnya

      Hapus
    2. kak, share OA Line" itu dong. gapernah ketemu

      Hapus
  14. halo kak mau tanya, kalau program ronin (untuk alumni sma yg ngulang tahun depan) di inten, ada ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya ada, untuk lebih pastinya bisa kontak langsung ke cabang Inten terdekat ya

      Hapus
  15. Kak, kira2 kalo aku daftar sekarang yang cabang tebet, udah penuh belom ya? Daya tampung prosus inten tuh sedikit ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan bisa udah penuh dek. Sebenernya bukan daya tampung yang kecil, cuma mereka udah buka pendaftaran sejak awal tahun biasanya, jadi udah banyak juga yang daftar duluan

      Hapus
  16. Kak, tes matdas inten harus pake cara nggak? Terus jawabannya ada pilihannya nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga dinilai caranya, hanya jawaban akhir dan pilihan ganda

      Hapus
  17. kak intens yg di sambas apa msh bisa daftar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tahu dek, silakan kontak ke cabang inten nya langsung ya

      Hapus
  18. Kak kalo utk yg dh lulus trs mau ikut sbmptn bisa? Saran ny bgmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kamu ga kuliah, ikut les di inten lagi aja gapapa, prepare buat tahun depan, tapi kalo kamu kuliah (swasta misalnya), kalo bisa bagi waktu sebaiknya ikut les, tapi kalo ga sempat ya les private atau belajar sendiri aja

      Hapus
  19. Halo ingin tanya dong, denger2 klo gagal masuk PTN pihak inten akan ngembaliin duit bimbelnya ya? Betul atau tidak?

    BalasHapus
  20. Ka maaf mau tanya contoh nya tes matematika dasar nya gimana ya? Soalnya kaya gmn gitu

    BalasHapus
  21. Iya kak contohin soalnya dong kak

    BalasHapus
  22. kak harga Grade A-C berapa ya sekira2nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk program non garansi
      Grade A : 13,5jt
      Grade B : 14jt
      Grade C : 14,5jt
      #bantu jawab

      Hapus
  23. Kak, kalo inten jam berapa sih masuk les nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sebelum masa intensif jam setengah 5 sore, kalo setelah masa intensif jam 7 pagi

      Hapus
  24. Ka test matematika dasarnya susah ga ? Terus itu nanti pas test rame rame atau sendiri sendiri? Seandainya kita test trs yg salah banyak emg gaboleh les disana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak kok, gampang sih, cuma waktunya sedikit, jadi perlu teliti aja. Tesnya bareng kok satu kelas, tetep bisa cuma di grade yang lebih rendah aja

      Hapus
  25. Kak klo anak smk terus masuk inten bisa gk klo mulainya baru skrg? Dan biayanya brp klo dimulai maret?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, setauku bisanya setelah UN, tapi kalo biayanya kurang tau, bisa di cek langsung ke Inten nya ya

      Hapus
  26. Ka klo misalnya intennya baru buka (cabang baru) emang agak jelek ya? Karena cabang baru dan guru-gurunya blm profesional? Itu benarkah klo dari yg kaka denger-denger dr tmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya seharusnya tidak ada kaitannya ya, karena kalopun ada cabang baru, pasti guru-gurunya dari cabang yang lama, ga murni semuanya junior

      Hapus
  27. kak pendaftaran sebelum tes bisa di hari sabtu ngga ya

    BalasHapus
  28. kak biayanya bisa dicicil berapa kali ya? sama bayarnya perbulan atau gimana?

    BalasHapus
  29. Kak hrga inten sekarang brp ya setiap kelasnya

    BalasHapus
  30. Kak tes nya itu bukan materi matematika SMA?

    BalasHapus
  31. Kak bisa ga daftar intennya bulan juli ini soalnya aku kepikiran ngulang lagi buat tahum depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu alumni lulus tahun 2018? Mau ambil inten cabang mana?

      Hapus
  32. Kak harga inten berapa ya sekarang?

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Ka kl g lolos tes emng g d terima ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab. Semuanya diterima kok. Tapi smakin rendah skor tes nya, makin rendah grade nya dan harganya jd lebih mahal karena perhatian yg lebih buat grade bawah.

      Hapus
  35. Ka,kalo di inten bisa di cicil ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku bisa sih, coba langsung ditanyakan ke cabang yang dituju ya

      Hapus
  36. Bang kalo inten yang 4 bulan terakir ada gaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adanya masa super intensfif biayanya sekitar 8 jt an beda 3 jt sama yang masukmasuk dr awal

      Hapus
  37. Ka,kalo misalkan saya daftar untuk kelas 12 dari sekarang bisa tidak ya ka?

    BalasHapus
  38. Kak mau nanya di les inten ada kelas untuk anak SD nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inten cuma ada dari SMP de itupun jarang cabang yang ada

      Hapus
  39. Bang gua sekarang kelas 11, gua niat mau ikut inten dari sekarang buat persiapan SBMPTN nanti, kira2 bisa ga ya?terus test nya susah ga bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, kamu daftar sekarang untuk mulai kelas nya pas kelas 3 semester 1 nanti. Untuk test nya lebih kaya psikotest kok bukan materi pelajaran di sekolah

      Hapus
  40. Kak kalau mau daftar bsru skrng msh bisa gq? Biayanya sama aja sm yg ikut dr klls 12 awal ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kalo kamu kelas 12 masih bisa daftar untuk masa intensif nya kok, kalo biaya aku kurang tau, bisa ditanya ke cabang inten nya langsung ajaa

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  41. Kalau ga pake surat rekomendasi kakak kelas tp daftar sebelum kelas 12 gmn ya??

    BalasHapus
  42. Ka kalo test masuk inten SMP pelajaran apa aja y?

    BalasHapus
  43. Kak kalau mau inten itu harus krlas 12 ya kak? Kalau kelas 11 gitu boleh ndak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, tapi setauku ga semua cabang buka yang buat kelas 11, mungkin bisa ditanya dulu di cabang yang kamu incar

      Hapus
  44. Kalo mau coba coba tes masuknya aja boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi! Kalo untuk coba tes masuknya doang aku kurang tau ya. Tapi kalo dulu pas jamanku pas tes itu belum ada komitmen kok, pembayaran dilakukan setelah skor hasil tes keluar

      Hapus
  45. Kak, mau nanya, kalau aku misal keterima di kelas lulus(aamiinn), nah 10 juta itu maksudnya untuk bayaran pertahun/semester atau gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sorry for late response yaa. Itu biaya sampe selesai kok (1 tahun), ga ada biaya tambahan lagi

      Hapus
  46. Ka mau nanya dong
    Itu ada anak smk ga les di inten? Ka maaf, kalo Kaka ny late respon jawab ny ke email aku y biar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung diliat,
      Kalo Kaka udh dijawab Disni ngeri gada notif ny jadi gabisa liat.
      Email ny fahria28nissa@gmail.com

      Hapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. ka mau nanya, kalo buat smk gitu (aku smakbo, jd smk nya tetep bljr seputar eksakta) mau ikut les inten buat bljr persiapan sbm, tapi kan pelajaran smakbo sama SMA gitu beda kan, tetep bisa ga ya les di inten? kalo bisa nanti kelasnya di pisah apa tetep disatuin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, sebenernya kalo untuk smakbo sendiri aku kurang mengerti ya kurikulumnya bagaimana. Tapi kalau di INTEN kamu bisa ambil kelas yang ga sesuai jurusanmu kok. misalnya aku di SMA itu kelas IPA tapi aku mau ambil les nya IPS boleh boleh ajaa, asal kamu bisa ngikutin pelajarannya. Jadi seharusnya tetep bisa kokk

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer